Rabu, 08 November 2017

Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur Organisasi Perusahaan - Seiring perusahaan menjadi sangat besar mereka sering merestrukturisasi sebagai sarana merevitalisasi organisasi. Pertumbuhan bisnis sering disertai dengan pertumbuhan birokrasi, karena posisi diciptakan untuk memfasilitasi pengembangan kebutuhan atau peluang. Perubahan yang berlanjut dalam organisasi atau lingkungan bisnis eksternal dapat menjadikan birokrasi ini sebagai penghalang dan bukan pertolongan, bukan hanya karena ukuran atau kompleksitas organisasi tetapi juga karena cara berpikir birokratis yang lamban. Salah satu pendekatan untuk mendorong cara berpikir dan akting baru adalah dengan menata ulang bagian-bagian perusahaan menjadi kelompok yang sebagian besar otonom,

Gambar 4 Struktur SBU
Gambar 4
Struktur SBU
disebut unit bisnis strategis (SBU). Unit-unit seperti itu umumnya dipasang seperti perusahaan yang terpisah, dengan tanggung jawab keuntungan dan kerugian penuh diinvestasikan dalam manajemen puncak unit-seringkali presiden unit dan / atau wakil presiden senior perusahaan besar. Manajer ini bertanggung jawab kepada manajemen puncak perusahaan. Pengaturan ini dapat dilihat sebagai mengambil salah satu skema departementalisasi tersebut selangkah lebih jauh. SBU mungkin didasarkan pada lini produk, pasar geografis, atau faktor pembeda lainnya. Gambar 4 menggambarkan SBU yang diselenggarakan oleh wilayah geografis.

Suatu organisasi mungkin merasa beruntung untuk mengatur sesuai dengan jenis pelanggan yang dilayaninya. Misalnya, perusahaan distribusi yang menjual ke konsumen, klien pemerintah, bisnis besar, dan usaha kecil dapat memutuskan untuk mendasarkan divisi utamanya di pasar yang berbeda ini. Personilnya kemudian bisa menjadi ahli dalam memenuhi kebutuhan pelanggan yang berbeda ini. Dengan cara yang sama, sebuah organisasi yang menyediakan layanan seperti akuntansi atau konsultasi dapat mengelompokkan personilnya sesuai dengan jenis pelanggan ini. Gambar 2 menggambarkan sebuah organisasi yang dikelompokkan oleh pelanggan dan pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar